Sabtu, 21 Agustus 2010

Tugu 0 km Bandung


Tugu 0 km kota Bandung yang terletak di depan kantor Dinas Pekerjaan Umum tepatnya di jalan Asia Afrika adalah penanda pusat (titik tengah) kota Bandung.

Tugu ini memiliki cerita sejarah. Dahulu ketika Belanda masih menguasai Indonesia, Gubernur Jenderal Belanda, Herman Willem Daendels, memerintahkan untuk membangun jalan raya pos Anyer-Panarukan sepanjang 1000 km, termasuk Jalan Raya Pos di Bandung (sekarang Jl. Asia Afrika). Pada tahun 1810 ketika mengunjungi Bandung, Daendels dan Bupati Bandung, Wiranatakusumah II, meresmikan Jembatan Cikapundung. Sembari menancapkan tongkat di sebuah titik, Daendels berkata, "Zorg, dat als ik terug kom hier een stad is gebouwd" yang artinya Coba usahakan, bila aku datang kembali, di tempat ini telah dibangun sebuah kota (Daendels, 1810). Titik dimana tongkat itu ditancapkan menjadi titik o km Bandung.


So... Bandung selain jadi tempat wisata belanja, wisata kuliner, bisa jadi tempat wisata sejarah juga ya...
Sebenernya kalau mau niat berwisata sejarah, masih ada lagi lho tempat wisata sejarah di Bandung seperti Penjara Banceuy, Gedung Asia Afrika, Kawasan Jalan Braga, dll. Ntar dech kalo kesana kita review lagi =)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar